KARAWANG | ORGANISASI Amatir Radio Indonesia atau ORARI Lokal Kabupaten Karawang menggelar Pembinaan Calon Amatir Angkatan 68 dan kenaikan tingkat bagi anggotanya yang digelar di Kantor Sekretariat ORARI Lokal Kabupaten Karawang Jalan Bogor No. 5 Karawang dan
Hadir pada acara ini diantaranya Ketua Lokal ORARI Kabupaten Karawang H. Hidayat, B.Sc , (YB1DBL), Ketua DPP Orari Lokal Kabupaten Karawang Hendra Jaya, S. Sos (YB1AKY) serta seluruh pengurus turut hadir pada kegiatan ini.
Menurut H.Hidayat , kegiatan ini sengaja digelar dalam rangkan menghadapi ujian negara yang akan dilaksanakan pada tanggal 06 Agustus 2022 yang akan datang
“Kegiatan pembinaan dan pembekalan hari ini sengaja kami laksanakan dalam rangka menghadapi ujian negara pada 06 Agustus 2022 nanti,” ujar Pria penyandang callsign YB1DBL
Lebih lanjut Ketua Orlok Karawang mengatakan, ujian negara ini akan diikuti oleh Calon Amatir atau Camar. Kemudian dari Siaga ke Penggalang. Lalu adapula dari Penggalang ke Penegak. Ia juga menyebutkan untuk Camar sendiri berjumlah 29 orang. Kemudian yang naik tingkat ada 2 orang.
“Dari keseluruhan pengikut ujian negara sebanyak 31 orang, baik Calon Amatir dan 1 orang naik tingkat dari siaga ke penggalang, dan 1 orang naik tingkat dari penggalang ke penegak ,” imbuh H Hidayat B. Sc.

Dalam kegiatan pembinaan dan pembekalan ini, yang menjadi nara sumber para pengurus Orari Lokal Kabupaten Karawang yang sudah memiliki kemampuan khusus sebagai instruktur khusus bagi para calon anggota ORARI, maupun anggota ORARI yang akan menghadapi ujian kenaikan tingkat.
ORARI Lokal Kabupaten Karawang sendiri sejauh ini sudah memiliki anggota kurang lebih 360 orang. Di mana dari semua anggota ORARI Lokal Karawang ini terdiri berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari TNI, Polri, Pengusaha, Tokoh Masyarakat serta berbagai eleman masyarakat lainnnya yang ada di Kabupaten Karawang.
“Anggota kami itu berasal dari berbagai kalangan, dari pejabat, tokoh masyarakat hingga warga biasapun tergabung di ORARI Lokal Kabupaten Karawang,” paparnya.
Sejauh ini keberadaan ORARI Lokal Kabupaten Karawang banyak sekali memberi manfaat bagi Karawang. Sebab ORARI sudah menjalin hubungan baik, seperti Pemda Karawang. Baik Bankom, BPBD, Basarnas dan elemen lainnya.
“Disitu ORARI acap kali membantu pemerintah. Yang paling sering adalah BPBD. Seperti misalnya ada kebakaran. Bencana alam maupun kegiatan yang sifatnya peristiwa, ORARI selalu terdepan untuk memberikan bantuan berupa informasi kepada pemerintah serta kepada masyarakat,” pungkasnya, ***
Pewarta : : RYAN S KAHMAN/YG1AVH

Sumber : https://orari.or.id/